Selasa, 27 Januari 2009

Pelestarian Satwa Elang Jawa

. Selasa, 27 Januari 2009

indosiar.com, Subang - Perambahan hutan dan pengalihan fungsi lahan menyebabkan sejumlah spesies satwa dilindungi terancam punah. Salah satunya burung elang Jawa. Sayangnya usaha pelestarian untuk mengembalikan satwa ini ke alam bebas masih terkendala minimnya pendanaan.

Keprihatinan akan semakin punahnya burung elang jawa semakin dirasakan terutama oleh para pecinta alam dan aktivis lingkungan. Berbagai usaha untuk mengembalikan satwa langka ke habitat asalnya pun terus dilakukan.

Para aktivis lingkungan di Panarupan Raptor Center yang berada dikawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu Desa Cicadas, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Jawa Barat melepas sejumlah elang ke alam bebas. Pelepasan dilakukan setelah melalui pemeriksaan kesehatan dan melatih sifat alaminya selama berbulan-bulan.

Burung yang dikarantina ini biasanya hasil penyitaan dari pedagang satwa ilegal oleh pihak berwajib maupun diserahkan oleh warga atas kesadaran sendiri.

Dadang Ramdan, Koordinator Panaruban Raptor Center menyatakan, tahun lalu seekor elang jawa telah dilepas ke habitatnya. Saat ini sedikitnya 9 ekor elang dari jenis brontok dan elang ular masih dikarantina untuk dilatih sifat alaminya agar bisa kembali ke alam.

Berdasarkan survei terakhir populasi elang jawa dikawasan Panaruban yang berada di kaki gunung Tangkuban Perahu tinggal 3 pasang. Upaya pelestarian satwa yang terancam punah ini masih terkendala minimnya dana. (Tim Liputan/Sup)

0 komentar:

 

Translate your Word>>>

Our Organisation Logo

Our Organisation Logo
Lets make our planet better!!!

Our inspiration Organisation!!!

Our inspiration Organisation!!!
Stop kill animal!!

Free Mp3 down Load here!!!

Created By Faiz Faiz.com Gitu loh | Template by o-om.com Edited By Faiz